Welcome

Club Cooee

Jumat, 26 November 2010

Kabar Dari Bromo

Assalamuallaikum Wr. Wb.

Setelah saya mendengar dari berita bahwa gunung bromo akan meletus.., otomatis saya langsung njingkrak untuk mencari informasi tentang perkembangan gunung tersebut. Pasalnya Sidoarjo, Malang, dan sekitarnya termasuk daerah luncurnya material gunung Bromo…



Dan akhirnya mala mini saya telah menemuhkan berita dari tempoInteraktif yang klo gak salah isinya sebagai berikut :
Ketua Tim Tanggap Darurat Gunung Bromo Suardika mengatakan status awas pada Gunung Bromo bisa lebih dari dua minggu. Status awas pada dua periode terakhir letusan Gunung Bromo bertahan hingga dua minggu lamanya.

"Bisa lebih dari dua minggu. Ini karena peralatan yang dimiliki sekarang lebih lengkap daripada saat terjadi dua periode terakhir letusan yang terjadi," katanya.

Dua periode letusan Gunung Bromo sebelumnya terjadi pada tahun 2000 dan 2004. Pada tahun 2000, status awas bertahan hingga dua minggu. Hal ini kembali terulang pada 2004. "Lamanya juga sama," kata Suardika.

Karakter letusan Gunung Bromo adalah freatik dengan pola letusan yang tiba-tiba. Suardika mengatakan periode letusan Gunung Bromo adalah antara lima hingga enam tahun sekali, seperti terjadi pada 1990, 1996, 2000, 2004 dan 2010.

Dalam empat kali periode terakhir letusannya, kata Gede, material yang jatuh masih berada di dalam kawah hingga kaldera. "Kami belum menemukan ada anomali," katanya.

Materi vulkanik yang disemburkan berupa kerikil dan abu. Jika ketinggian letusan hingga 2.000 meter di atas permukaan kawah, kata Suardika, maka abunya bisa sampai ke daerah Malang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar